Monday, 20 May 2024

Borg, TikTok, dan Tontonan Online Gen Z

Source : sea.mashable.com

Ent – 13 Feb 2023

Saya terkejut ketika sekelompok siswa dengan borg – kendi galon berisi kombinasi air, vodka, dan Mio yang lezat – menghiasi FYP saya. Saya mengklik akun yang memposting video tersebut dan terkejut saat mengetahui bahwa mereka belum pernah ke UC Berkeley, almamater saya. Saya lulus pada tahun 2021 dan sedang mempertimbangkan sponsor unik untuk kampus saya.

Video-video mahasiswa dari berbagai universitas memperkenalkan diri dan menunjukkan pelempar galon olahraga permainan kata-kata sponsor terus bermunculan di FYP saya, dan percakapan seputar ramuan tersebut beralih ke platform media sosial lainnya. Tapi sponsor bukanlah hal baru; itu hanya budaya kampus terbaru yang mengubah TikTok menjadi tontonan. Saya pertama kali bertemu Borg pada Januari 2019 ketika seorang teman saya memberinya minuman untuk hari itu. Untuk mengetahui kapan borg pertama kali menjadi populer di lingkaran sosial saya di Berkeley, saya menghubungi teman yang memperkenalkannya kepada saya, bersama dengan beberapa penggemar borg lainnya. Teman saya memberi tahu saya bahwa dia telah menemukan sponsor berkat pertemuan swadaya selama liburan sekolah. Setahun sebelum cengkeraman mematikan TikTok pada Gen Z sepenuhnya terbentuk, sponsor, seperti banyak hal sebelumnya, menyebar secara organik ke seluruh kampus dari mulut ke mulut.

Selama penelitian saya, saya dikirimi Snapchat dan foto bersponsor yang sangat difilter yang direkam pada awal 2019. Foto-foto ini adalah tipikal saat album Facebook menyusut dan Snapchat serta Instagram adalah platform kami untuk mendokumentasikan pengalaman kuliah kami. Siapa pun yang bukan teman kami tidak dapat melihat album Facebook, cerita Snapchat, atau postingan Instagram kami, jadi tidak seperti sekarang, saat-saat kecil kehidupan kampus itu tidak tersedia untuk dunia.

Jangan salah paham, sponsor adalah pemandangan saat pelempar muncul di pesta, tetapi terutama di kehidupan nyata atau pengikut Anda. Sekarang, para siswa memposting sponsor mereka (dan pengalaman kuliah) kepada semua orang yang memberi makan TikTok. TikTok membuat pengalaman kuliah lebih terlihat. Promotor, seperti merekrut persaudaraan dan menggunakan kamera digital di pesta, hanyalah bagian lain dari pengalaman kuliah saya, tetapi sekarang menjadi konten. Kehidupan kampus terhenti pada tahun 2020 selama setahun, dan pengaruh TikTok tumbuh selama ini. Saat kehidupan kampus kembali, histeria atas apa yang dilakukan Gen Z meningkat. Tidak peduli universitas mana yang dihadiri siswa TikToker ini; ini tentang kebaruan mereka sebagai siswa Gen Z yang memamerkan keanehan kehidupan kampus, dan sebagai sponsor, jika Anda seperti saya, Anda mungkin mengira sekolah Anda unik sebelumnya. Demikian pula, halaman meme Facebook perguruan tinggi (batu ujian kehidupan kampus ketika saya masih kuliah) telah ditinggalkan selama pandemi, digantikan oleh halaman meme perguruan tinggi negeri di Instagram dan TikTok. 

Jika saya telah melihat ratusan siswa lain menggunakan TikTok, mungkin tidak akan begitu keren dan istimewa pada pagi Januari yang dingin itu dengan tegukan pertama saya. 

(Val, Sea, Ent)

Tags

Artikel Terkait